Deskripsi Usaha KERE
Jenis produk yang kami tawarkan berupa
keripik yang berbeda dari produk lainnya yang ada di Bekasi dan sekitarnya.
KERE merupakan sebuah singkatan dari keripik pare yang kami gunakan sebagai merek
dari produk keripik. Kata kere sendiri menurut pengertian bahasa jawa yang
mempunyai arti miskin. Dari arti tersebut kami kaitkan dengan keripik pare yang
berharga murah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan mulai dari bawah,
menengah, maupun atas. Dari pare, kami olah sedemikian rupa dengan baluran
tepung dan digoreng hingga renyah yang selanjutnya, dilakukan penambahan rasa
pedas.
Keunikan yang dimiliki KERE sendiri ,berbahan
dasar dari sayuran yaitu pare, dengan berbagai macam bentuk yang khas, memiliki
rasa yang tidak pahit, crispy, tahan lama, bebas dari bahan pengawet serta
variasi rasa pedas yang berlevel dari level 3-20. Kere sangat cocok untuk
dijadikan camilan keluarga atau teman ngobrol di waktu santai. Produk dapat
dipesan antar ke pembeli sesuai dengan wilayah yang kami tentukan.
Selain itu dalam melakukan pengolahan kami
memilih bahan yang berkualitas sehingga mutu produk terjamin. Penambahan nama
dan pengemasan yang unik diharapkan nantinya dapat menarik konsumen untuk
sering datang membeli produk kami.
Usaha ini kami dirikan karena melihat
adanya sebuah peluang usaha yang sangat besar. Pengelolaan terhadap usaha ini
sudah terbilang mudah dan cepat diterima masyarakat. Kami berharap dari usaha
ini nantinya berkembang dan dapat mencukupi kebutuhan hidup serta memberikan
laba yang cukup besar.
Semua proses produksi telah dilakukan, dari
mulai pemilihan pare yang baik sampai pengepakan, kemudian yang akan dilakukan
yaitu mencari target pasar. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui
adalah peluang pasar yang dapat menerima produk kami ini. Target pasar sudah
merupakan kunci penting dalam proses pemasaran, karena pemasaran akan berjalan
dengan lancar apabila sudah mendapatkan target pasar yang kita inginkan. Target
pasar yang kami tuju ,yakni semua kalangan mulai dari bawah, menengah dan atas.
Kelompok Target pasar dalam pemasaran
produk diantaranya :
-
Konsumen Tipe A, kelas mahasiswa dan pelajar.
-
Konsumen Tipe B, kelas pegawai. seperti dosen, PNS dan
pegawai
swasta.
-
Konsumen Tipe C, masyarakat umum.
Namun
target paling utama adalah Konsumen Tipe A, karena mereka gemar mencoba sesuatu
produk baru dan suka nongkrong dengan teman - teman.
Aspek Produk
a) Dari segi bentuk:
Kami
sesuaikan dengan bentuk asli dari pare, yakni bulat ,kosong ditengah yang
membentuk seperti bunga, dan kami juga melakukan variasi bentuk memanjang
seperti korek api ,dengan ketebalan yang sangat tipis seperti ceriping ketela sehingga
dapat memaksimalkan keuntungan produksi.
b) Dari segi rasa
Dari segi
rasa saat ini memiliki rasa pedas yang berlevel saja, namun untuk kedepannya
kami akan melakukan penambahan berbagai variant rasa seperti pedas manis,
original, keju, dan barbeque agar dapat menghindari terjadinya kejenuhan
terhadap produk.
c) Dari segi kemasan
Kemasan yang
kita pilih ,menggunakan plastik tebal, dan diberi label pada kemasannya. Jika
sudah berkembang menggunakan plastik alumunium foil, yang kami press dengan
alat ,sehingga tetap terjaga kerenyahannya, dan masa kadaluarsa bisa
berlangsung lama. Berat bersih yang diberikan tiap kemasan berisi 150gr, 280gr,
500gr, dan 1000gr. Untuk pembelian
grosiran bisa langsung 10kg sekaligus juga bisa untuk pengisian gerobak
franchise disertai varian bumbu.
A. Kegiatan Pemasaran
Kegiatan
pemasaran mempunyai peran sangat penting dalam kelancaran suatu usaha. Lancar
atau tidaknya usaha ini dilihat dari kualitas produk dan juga tergantung dari
bagaimana cara kita sebagai produsen memasarkannya dengan strategi yang baik.
Sistem
pemasaran kami akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kami dan
sejauh mana kemampuan kami untuk bersaing dengan mereka dari segala aspek baik
itu dari sisi harga, pelayanan ,maupun kualitas yang diberikan kepada para
konsumen. Kami akan mensurvei dan meneliti pesaing tentang bagaimana caranya
membuat keripik pare ini agar berbeda dengan keripik pare lainnya yang sudah
beredar di pasaran.
Dalam
usaha ini kami melakukan dua cara pemasaran, yaitu pemasaran langsung dan
pemasaran tidak langsung. Kegiatan pemasaran langsung yaitu memasarkan produk
secara langsung kepada konsumen tanpa perantara lain. Cara ini dilakukan pada
usaha dengan kapasitas yang kecil atau secara skala rumah tangga. Keuntungan
memperoleh laba dalam menggunakan jalur pemasaran ini lebih besar daripada
pemasaran tidak langsung karena tidak memberikan jasa kepada pengecer atau
distributor. Kegiatan pemasaran tidak langsung, yaitu memasarkan produk melalui
pengecer dan media online. Cara ini dilakukan dengan dua strategi pemasaran, pertama
memasarankan di tempat-tempat yang stategis, seperti: di kampus, sekolah, dan
tempat wisata. Kedua, memasarkan dengan cara memposting di akun media sosial.
B. Pesaing
Persaingan
di dalam usaha produksi keripik pare saat ini belum begitu ketat dan masih
terbilang menjadi makanan baru bagi masyarakat. Hanya saja banyak produk
camilan yang berbeda dari home industry
maupun dari pabrikan yang berskala besar dan beredar dipasaran dengan harga yang
murah yakni Rp.500-Rp.1000. Hal ini dapat mengurangi minat konsumen terhadap
produk kami.
C. Strategi Pemasaran
Strategi
pemasarannya selain melalui mouth to
mouth, kepada relasi, kami juga mempromosikan produk ini dengan
menyesuaikan kemajuan tekhnologi informasi. Kami pun akan melakukan kerjasama
dengan organisasi mahasiswa, di setiap event. Memposting produk KERE di akun
media sosial yang sudah dibuat seperti Blacberry Massenger, Line Massenger,
Path, Instagram dan Web Blog. Selain
itu, kami akan membuat relasi untuk membantu mempromosikan ke akun media sosial
produk lain serta memberikan bonus gratis satu pcs keripik pare untuk setiap
pembelian 10 kali dengan konsep member
Penetapan Harga
Untuk menetapkan harga ,kami sesuaikan
dengan keadaan ekonomi masyarakat. Karena kami memiliki prinsip bahwa dari nama
produknya saja bernama KERE , yang menurut bahasa jawa berarti miskin. Jadi
produk ini dapat dibeli ,dan dikonsumsi oleh semua kalangan tanpa terkecuali.
Harga di pasaran sebesar Rp 10.000 per 130 gram. sedangkan harga di outlet
Rp.9000 per 130 gramnya. Harga tersebut ,menurut kami tergolong murah untuk
sebuah keripik pare, dibandingkan keripik lainnya. Kisaran terendah untuk harga
keripik di pasaran, yang kami survei ,dan dengarkan dari para ibu- ibu mencapai
Rp.15.000 per 130 gram.
Akan tetapi harga tersebut sudah kami
sesuaikan, dengan pengelolaan hasil produk yang disesuaikan dengan titik
kesimbangan pasar. Apabila harga bahan baku dan peralatan naik ,bukan berarti
mempengaruhi kualitas produk, kami tetap menomorsatukan kualitas dan tidak akan
menaikkan harga secara signifikan karena semakin membuat para konsumen kecewa,
dan beralih ke lain produk.
Untuk Pemesanan KERE PEDAS ini dapat mengorder dengan menggunakan Pre-Order online :
Pin Bbm : 510283b1
Line : @Kere_Pedas
Facebook : www.facebook/kripikpare.com
Instagram : KeRe_pedas
Whatsapp/Call : 081241529187
Tidak ada komentar:
Posting Komentar